Iklan Billboard 970x250

Pengertian Malaikat, Rukun Iman Kedua, dan Sifat Malaikat

Iklan 728x90

Pengertian Malaikat, Rukun Iman Kedua, dan Sifat Malaikat

Pengertian Malaikat, Rukun Iman Kedua, dan Sifat Malaikat. Sebagai seseorang yang menganut agama Islam atau muslim tentu Anda wajib tahu serta meyakini akan keberadaan malaikat. Selain itu, iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua dari enam iman yang harus diyakini. Namun, tahukah Anda apa itu malaikat? Lalu, bagaimana interpretasi rukun iman yang kedua itu sendiri?

Pengertian Malaikat, Rukun Iman Kedua, dan Sifat Malaikat

Pengertian Malaikat

Malaikat adalah makhluk yang diciptakan dari cahaya atau nur oleh Allah SWT dan bisa berupa berbagai bentuk. Bentuk dan sifatnya sendiri bukanlah seperti manusia, tidak digolongkan laki-laki atupun perempuan. Sehingga, malaikat dalam menjalankan tugas serta perintah-Nya sangat patuh dan taat. Jumlah malaikat yang harus diyakini berjumlah 10.

Pengertian malaikat berasal dari bahasa Arab, yaitu malak atau mala'kah yaitu makhluk surgawi yang diciptakan dari asal mula yang cerah oleh Allah SWT untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang diberikan kepadanya. Menurut bahasa Arab, kata malaikat merupakan kata jamak yang berasal dari kata malak yang memiliki arti kekuatan.

Kata malak sendiri berasal dari kata mashdar 'al-alukah' yang memiliki arti risalah atau misi. Kemudian sang pembawa misi disebut dengan ar-rasul. Berdasarkan salah satu hadits nabi, malaikat diciptakan dari nur atau cahaya.

Iman Kepada Malaikat

Selain pengertian malaikat, iman kepada malaikat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun, arti sebenarnya dari iman kepada malaikat yaitu benar atau yakin sepenuhnya bahwa malaikat itu benar adanya, salah satu makhluk Allah SWT yang tercipta dari nur. Iman kepada malaikat memiliki beberapa fungsi. Yaitu:

1.Senantiasa Berbuat Kebaikan

Tentu kita tahu, bahwa malaikat terdiri dari 10 dengan tugasnya masing-masing. Dengan keberadaannya, maka manusia itu akan merasa selalu diawasi. Hal tersebut membawa dampak manusia tersebut akan selalu melakukan perbiayan baik dan menjauhi perbuatan buruk yang dapat menjadikan seseorang mendapatkan dosa dan memberatkan timbangan amal buruk di akhirat kelak.

2.Bertaqwa dan Beriman kepada Allah SWT

Bukanlah sudah jelas bahwa pengertian malaikat secara lengkap menyebutkan bahwa malaikat saja tunduk dan patuh akan perintah Allah SWT. Mengapa manusia tidak menirunya? Manusia yang selalu bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT dan rukun iman yang lainnya pasti akan berusaha untuk mendapatkan lailatul qadr dan juga kedudukan yang baik di sisi Allah kelak. Untuk itu, salah satu perbuatan baik tersebut adalah bertaqwa dan beriman kepada pemilik semesta raya ini.

3. Meningkatkan Iman, Ikhlas, dan Disiplin

Beriman kepada malaikat juga mampu meningkatkan keimanan, keikhlasan, dan disiplin dalam menjalankan berbagai perintah Allah. Serta menjauhi segala larangannya dengan meniru sifat malaikat.

4. Berhati-hati

Dengan memahami pengertian malaikat, sifat, dan tugasnya menjadikan manusia lebih berhati-hati lagi dalam melakukan perbuatan. Karena merasa selalu diawasi dan dicatat sekecil apa pun perbuatan yang dilakukan. Apalagi, dari catatan tersebut nanti akan dipertanggungjawabkan semuanya di hadapan Allah SWT.

Sifat Malaikat

Malaikat memiliki empat sifat, yaitu:

1.Patuh dan taat pada setiap perintah Allah SWT sehingga tidak akan melakukan apa yang menjadi larangan Allah SWT.
2.Tidak sombong, tidak memiliki nafsu, dan selalu bertasbih.
3.Mampu berubah wujud sesuai yang dikehendaki.
4.Selaku berdoa untuk orang-orang beriman agar diampuni dosanya.

Sudah bisa dipahami bahwa malaikat itu nyata dan wajib diyakini? Atau masih tidak percaya setelah membaca pengertian malaikat, intepretasinya dalam rukun iman atau sifatnya yang tanpa cela? Nyatanya, memang itu adalah yang benar dan terbukti ada dalam Al Quran.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post