Iklan Billboard 970x250

pengertian malaikat dalam al quran

Iklan 728x90

pengertian malaikat dalam al quran

pengertian malaikat dalam al quran

Seperti yang kita ketahui bersama jika percaya kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman. Mempercayai malaikat menjadi pelengkap rukun iman yang harus kamu lakukan. Untuk mempercayai adanya malaikat tentu kamu harus mengetahui mengenai malaikat itu sendiri. Berikut ini penjelasan pengertian malaikat dalam al quran, selain itu, mengenal malaikat lebih jauh dapat membuat pikiran kita terbuka atas kebesaran Allah yang memiliki abdi luar biasa. Melalui hal ini pula kita akan menyadari betapa besar kasih sayangNya, dengan diutusnya malaikat bersama kita.

pengertian malaikat menurut al quran

1. Pengertian Malaikat

Perlu diketahui jika malaikat merupakan jamak dari kata malak yang menurut bahasa bermakna Mursil yaitu utusan. Seperti yang kita ketahui jika malaikat merupakan makhluk ghaib yang diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki sifat sebagai tuhan. Malaikat juga selalu taat atas perintah Allah dan tidak pernah bermaksiat layaknya manusia. Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wassalam juga mengatakan jika malaikat dicipatakan dari cahaya arsy. Selain itu, jumlah malaikat juga sangat banyak dan tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah Subbahana Wata'ala.

2. Malaikat Juga Memiliki Jasad

Untuk mendalami pengertian malaikat dalam al quran lebih dalam lagi kita akan membahas mengenai malaikat yang memiliki jasad juga. Rasulullah Shallallahu'Alaihi Wassalam pernah menceritakan dimana malaikat juga ada yang memikul asry dengan jasad yang luar biasa besar. Rasulullah mengatakan jika antara cuping telinga dengan pundaknya saja sejauh perjalaanan selama 700 tahun. Selain itu mereka juga memiliki sayap, untuk jumlahnya juga berbeda-beda.

Sebagian malaikat ada yang memiliki dua, tiga, empat hingga 600 sayap seperti malaikat jibril. Hal ini dijelaskan pada al quran surat Fathir ayat 1.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Malaikat juga memiliki akal meeski tidak memiliki hawa nafsu seperti manusia. Mereka tidak pernah durhaka kepada Allah dan senantiasa tunduk dan taat terhadap perintahNya. Selain itu, meski malaikat memiliki jasad akan tetapi mereka tidak membutuhkan makan dan minum. Seperti telah dikisahkan ketika nabi Ibrohim didatangi malaikat dalam bentuk manusia, mereka tidak menyentuh makanan yang dihidangkan nabi Ibrohim.


3. Keyakinan Kaum Musyrikin Terhadap Malaikat

Pengertian malaikat lainnya yang perlu kamu ketahui ialah mengenai keyakinan kaum musrykin terhadap malaikat. Kaum musrykin menganggap malaikat sebagai anak dari Allah. Bahkan yang lebih salah kaprahnya lagi merea menganggap jika malaikat merupakan anak-anak perempuan.

Bahkan di dalam surat Q.S As-Shaffat(37): 149-152 Allah telah menyinggung kaum musrykin yang menjadikan malaikat sebagai peribaratan perempuan. Memang benar jika selama ini kita telah dibohongi oleh omong kosong banyak orang.

4. Tingkatan Kemuliaan Malaikat dan Orang Soleh

Permasalahan ini telah diperdebatkan paara ulama sejak dahulu kala. Mengenai tingkatan kemuliaan antara malaikat dengan orang soleh. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah telah mengatakan, "Orang soleh lebih utama ketika telah masuk ke dalam surga, bersebab mereka lebih dekat kepada sang pencipta. Mereka dapat bersenang-senang di dalam surga, mendapatkan kemuliaan melalui rahmatNya serta dapat melihat wajahNya. Ketika itu, atas izin Allah malaikat bertugas untuk melayani manusia.

Pengertian malaikat sendiri untuk di kehidupan dunia tentulah malaikat lebih utama dibandikan manusia soleh. Hal ini disebabkan keberadaannya berada di atas langit lagi dekat dengan sang pencipta. Selain itu, mereka juga sibuk beribadah kepada Allah serta suci dari segala perbuatan dosa.

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai pengertian malaikat dalam al quran yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan hal ini kamu dapat bersemangat untuk mengimani malaikat dengan lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu agar lebih baik lagi dalam hal mengimani para malaikat ya!
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post