Iklan Billboard 970x250

Pengertian Malaikat, Nama-Nama serta Sifatnya

Iklan 728x90

Pengertian Malaikat, Nama-Nama serta Sifatnya


Sebagai umat muslim yang taat kepada-Nya, tentunya kita wajib meyakini adanya malaikat sebagai salah satu makhluk ciptaan-Nya yang suci. Bahkan meyakini adanya malaikat Allah, terdapat dalam rukun iman yang ke-2 diantara ke-6 rukun. Dan karenanya, maka pembahasan kali ini akan secara khusus membahas pengertian malaikat, sifat-sifat yang dimiliki oleh malaikat, serta hikmah mempercayai adanya malaikat Allah.

Pengertian Malaikat, Nama-Nama serta Sifatnya


Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang diciptakan dari Nur atau cahaya. Malaikat tidak memiliki bentuk dan sifat sama seperti yang ada pada manusia, makhluk-makhluk yang selalu taat kepada Allah ini juga digolongkan seperti perempuan atau laki-laki. jumlah malaikat yang diciptakan oleh-Nya begitu banyak sekali, namun hanya ada 10 malaikat saja yang wajib umat Islam ketahui beserta tugas-tugasnya.

10 Malaikat Allah yang Wajib Diketahui

Sesudah memahami pengertian malaikat kita wajib mengetahui 10 malaikat, danyang pertama malaikat Jibril yang mempunyai tugas menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul utusan Allah, lalu malaikat Mikail yang bertugas memberi rezeki kepada manusia, malaikat Israfil yang bertugas meniup sangkakala ketika hari kiamat tiba. Kemudian malaikat Izrail yang bertugas mencabut nyawa, malaikat Munkar yang akan menanyai dan memeriksa amal perbuatan manusia di alam kubur, malaikat Nakir yang bertugas menanyai manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.

Ketujuh, malaikat Raqib yang bertugas mencatat seluruh amal baik manusia semasa hidupnya, malaikat Atid yang akan mencatat segala perbuatan buruk seluruh manusia semasa hidupnya. Malaikat Malik, bertugas untuk menjaga pintu neraka, serta malaikat Ridwan yang bertugas menjaga pintu surga.

Sifat-Sifat Malaikat Allah

Jika merujuk pada pengertian malaikat, yaitu makhluk yang senantiasa taat kepada Allah setiap saat. Selain menjalankan tugasnya masing-masing, juga selalu bertasbih kepada-Nya tanpa henti baik siang ataupun malam. Sangat berbeda dengan makhluk ciptaan Allah yang lainnya, Malaikat selalu patuh, takut, tunduk, serta taat kepada perintah dan larangan-Nya. Bahkan Malaikat memang suci dari segala sifat yang dimiliki oleh manusia dan jin seperti hawa nafsu, lapar, makan, tidur, sakit, dan lainnya. Selain itu, malaikat juga mampu mendengar, melihat dan berbicara sehingga bisa berdialog dengan Allah SWT. namun tidak pernah sekalipun mendahului perkataan-Nya.

Seperti yang kita tahu bahwa malaikat diciptakan dari nur. Dan ternyata selain diberikan kekuatan, malaikat juga diberikan anugerah kecepatan cahaya oleh Allah. Dan ternyata malaikat pun mempunyai sifat pemalu, seperti yang tertera dalam hadits,

حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو خَالِدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمُزَنِيِّ قَالَ حَدَّثَتْنِي حَفْصَةُ ابْنَةُ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَتْ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ قَدْ وَضَعَ ثَوْبَهُ بَيْنَ فَخِذَيْهِ فَجَاءَ أَبُو بَكْرٍ فَاسْتَأْذَنَ فَأَذِنَ لَهُ وَهُوَ عَلَى هَيْئَتِهِ ثُمَّ عُمَرُ بِمِثْلِ هَذِهِ الْقِصَّةِ ثُمَّ عَلِيٌّ ثُمَّ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِهِ وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى هَيْئَتِهِ ثُمَّ جَاءَ عُثْمَانُ فَاسْتَأْذَنَ فَأَذِنَ لَهُ فَأَخَذَ ثَوْبَهُ فَتَجَلَّلَهُ فَتَحَدَّثُوا ثُمَّ خَرَجُوا قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ جَاءَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ وَعَلِيٌّ وَسَائِرُ أَصْحَابِكَ وَأَنْتَ عَلَى هَيْئَتِكَ فَلَمَّا جَاءَ عُثْمَانُ تَجَلَّلْتَ بِثَوْبِكَ فَقَالَ أَلَا أَسْتَحْيِي مِمَّنْ تَسْتَحْيِي مِنْهُ الْمَلَائِكَةُ

 “Telah menceritakan kepada kami Rauh telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij berkata; telah mengabarkan kepadaku Abu Khalid dari Abdullah bin Abu Said Al Muzany berkata; Hafshoh binti Umar bin Khattab berkata; "Pada suatu hari Rasulullah shallaallahu 'alaihi wa sallam meletakkan kainnya diantara kedua paha beliau, lalu datanglah Abu Bakar dan ia meminta izin, beliau pun mengizinkannya dan masih seperti keadaan semula. Lalu (datanglah) Umar seperti yang dilakukan terhadap Abu Bakar, kemudian Ali kemudian beberapa orang dari sahabatnya dan Nabi shallaallahu 'alaihi wa sallam masih bersikap seperti semula. Lalu datanglah Utsman meminta izin, beliau pun mengizinkannya serta mengambil kainnya lalu menutupi paha beliau. Kemudian mereka berbincang-bincang hingga mereka selesai. Aku bertanya; "Wahai Rasulullah! Abu Bakar, Umar, dan Ali, dan juga beberapa sahabatmu datang dan keadaan engkau masih seperti semula. Namun, ketika datang Utsman, engkau menutup paha engkau dengan kainmu." Beliau menjawab: "Tidakkah aku malu dengan orang yang para malaikat malu kepadanya.".” (HR Ahmad).

Tak hanya pengertian malaikat dan sifat di atas saja, malaikat juga dianugerahi ilmu oleh Allah. Hal tersebut tentu saja berkenaan pula dengan tugas-tugas besar dari Allah yang harus dilaksanakan, baik di langit maupun di bumi. Selain itu, malaikat juga dikatakan bisa mengubah wujudnya menjadi rupa orang lain, meskipun malaikat sendiri merupakan makhluk ghaib. Malaikat juga tidak akan pernah merasa lapar atau haus, sehingga tidak makan dan minum.

Dan dalam menjalankan segala perintah-Nya, malaikat selalu patuh dan tidak pernah merasa bosan atau letih sedikitpun dalam menunaikan kewajibannya. Apalagi anugerah dan tugas tersebut diperintahkan langsung oleh sang Pencipta, sehingga malaikat jauh dari kata jenuh dalam beribadah dan menjalankan segala perintah. Namun sebagai makhluk yang sama-sama diciptakan oleh Allah, malaikat pun pasti akan merasakan kematian.

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian malaikat, 10 nama malaikat yang wajib diketahui serta sifat-sifat yang dimilikinya.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post